12 Tahapan Tanda-Tanda Kematian Manusia Berdasarkan Waktunya

Tanda-tanda kematian manusia bisa dilihat berdasarkan fase atau tahapan mulai dari 1000 hari sebelum kematian. Semua ada tandanya tersendiri dan berbeda-beda.

Tanda-tanda kematian manusia

Pada hakikatnya setiap manusia tidak ada yang mengetahui kapan akan mengalami kematian. Di dalam ajaran islam diajarkan bahwa yang hanya mengetahui kapan waktunya orang meninggal hanya Allah SWT. Walaupun demikian berdasarkan pengkajian dari berbagai ilmu tetap ada tanda-tanda kematian manusia.

Perasaan akan mati hakikatnya akan muncul ketika kematian sudah mulai mendekat. Disadari atau tidak alam bawah sadar Anda sudah mengingatkan bahwa waktu Anda di dunia ini tidak akan lama lagi. Biasanya orang dengan tingkat kepekaan yang tinggi akan merasakan bahwa kematian sudah semakin mendekat.

Tanda-tanda kematian manusia semakin hampir mendekat bisa dirasakan mulai dari 1000 hari sebelum kematian. Semakin mendekati kematian akan banyak tanda-tanda yang mungkin Anda rasakan.

Tanda-Tanda Kematian Manusia

Berikut ini tanda-tanda kematian manusia berdasarkan tahapannya :

1. Kurang 1000 Hari

Ketika kematian akan datang kurang dari 1000 hari biasanya orang tersebut akan selalu merindukan rumah. Jika orang tersebut berada jauh dari rumah biasanya akan sering bermimpi mengenai keadaan rumah atau tempat lahirnya.

Orang yang sudah mendekati kematiannya biasanya akan sering membicarakan mengenai rumah atau rindu dengan rumah. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang sering membicarakan rumah hanya karena orang tersebut jarang pulang sehingga merindukan kampung halamannya.

2. Kurang 2 Tahun

Tanda dari kematian datang kurang dari 2 tahun adalah merasakan rindu untuk bertemu dengan orang yang sudah meninggal dunia. Biasanya orang yang dirindukan ini adalah orang-orang tercinta dan terdekat seperti orang tua atau pasangan.

Tidak hanya merindukan orang-orang yang sudah meninggal saja tapi juga merindukan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Rasanya ingin bertemu dengan teman-teman lama sangat kuat. Bahkan 2 tahun sebelum meninggal biasanya lebih banyak bersilaturahmi ke rumah saudara jauh dan teman lama.

3. Kurang 1 Tahun

Kegelisahan dan kebingungan mengenai hidup adalah salah satu tanda kematian akan datang kurang 1 tahun. Satu tahun sebelum kematian datang biasanya orang akan merasa gelisah dan memikirkan banyak hal terutama mengenai kehidupan yang sudah dijalani.

Yang ada di dalam pikiran adalah memikirkan apa sebenarnya tujuan hidup yang sesungguhnya dan apa yang sudah dicapai selama ini. Orang akan menjadi lebih bijak dan berhati-hati dalam mengambil keputusan dalam menjalani kehidupan.

4. Kurang 9 Bulan

Tanda kematian yang akan datang kurang dari 9 bulan adalah orang akan mulai merasa jenuh dengan kehidupannya. Jenuh yang dimaksud disini adalah jenuh dengan kehidupan yang hanya selalu berputar-putar seperti itu saja.

9 bulan menjelang kematian biasanya akan lebih banyak memikirkan esensi dari kehidupan yang sudah dijalani selama ini. Perjalanan hidup selama yang dijalani selama ini akan dipikirkan lebih detail dan apa saja yang sudah dilakukan selama ini.

5. Kurang 6 Bulan

Jika sudah memasuki fase 6 bulan sebelum kemudian, orang akan mulai merasakan ada perubahan yang terjadi dalam tubuhnya. Pada 6 bulan pertama sebelum kematian orang akan merasakan linu pada sekujur tubuhnya terutama pada bagian tulang.

Sendi juga akan merasakan linu dan tidak nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Tidak hanya itu, ada juga banyak perubahan kesehatan yang akan dirasakan setelah memasuki fase 6 bulan sebelum kematian.

6. Kurang 3 Bulan

Tidak hanya kondisi kesehatan saja yang mulai menurun dan melemah, memasuki 3 bulan sebelum kematian biasanya orang akan lebih sering mendengar suara aneh. Suara-suara yang aneh ini bisa jadi hanya didengarnya sendiri dan tidak ada orang lain yang mendengarnya.

Suara yang sering didengar adalah suara anjing yang sedang melolong, suara bising dari kendaraan, bahkan suara tangisan bayi. Jika sering mendengarkan suara tangisan bayi bisa jadi ada hal buruk yang akan terjadi. Kematian yang semakin dekat membuat Anda semakin peka dalam merasakan berbagai hal.

7. Kurang 40 Hari

Tanda-tanda kematian manusia menurut Imam Al Ghazali jika sudah kurang dari 40 hari yaitu terasa denyutan pada pusar. Hal ini terjadi karena daun yang ada di pohon mahsyar yang bertuliskan nama Anda sudah terjatuh. Pada saat itu malaikat maut akan mengambilnya dan mulai mengawasi Anda.

Bahkan ada beberapa orang yang sudah memasuki 40 hari sebelum meninggal melihat malaikat pencabut nyawa. Pada fase ini Anda juga bisa kehilangan bayangan sendiri pada saat siang hari. Di malam hari biasanya Anda juga merasa jari-jari tangan terasa transparan.

8. Kurang 1 Bulan

Fase selanjutnya adalah fase kurang dari satu bulan kematian, orang yang sudah mendekati kematian akan berlaku tidak seperti biasanya. Misalnya saja jika Anda biasanya suka berdiam diri maka pada waktu kurang dari 1 bulan Anda akan semakin aktif.

Sebaliknya jika Anda orang yang aktif maka Anda akan memilih untuk berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas. Perubahan ini mungkin tidak disadari oleh orang lain, namun orang yang mempunyai kepekaan biasanya akan merasa curiga dan gelisah.

9. Kurang 15 Hari

Jika kematian akan datang kurang dari 15 hari maka yang akan Anda rasakan adalah seperti melihat wujud diri sendiri dihadapan tanpa bercermin. Biasanya hanya orang-orang tertentu yang menyadari bahwa dirinya akan meninggal sebentar lagi.

Tidak hanya melihat wujud atau badan diri sendiri saja, biasanya juga melihat orang lain yang sudah meninggal dunia. Jika hal ini terjadi maka Anda harus terus meningkatkan keimanan agar meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

10. Kurang 7 Hari

Tanda kematian kurang dari 7 hari adalah tubuh mulai merasakan perubahan dengan hilangnya selera makan. Tidak hanya itu tubuh juga akan merasakan sakit yang mendadak seperti nyeri tapi terjadi di pusat tubuh. Tulang daun telinga juga terasa lebih lembut dan langit-langit mulut sudah tidak peka.

11. Kurang 3 Hari

Tiga hari menjelang kematian ada banyak perubahan yang terjadi terutama pada sistem pencernaan. Anda juga akan merasakan denyutan pada dahi bagian tengah. Jika tanda ini sudah dirasakan sebaiknya mulailah untuk berpuasa agar nantinya tidak banyak kotoran yang harus dibersihkan setelah meninggal.

Tanda lainnya adalah sudah tidak ada sinar tajam lagi pada bagian mata yang berwarna hitam. Jika sudah sakit maka kaki akan mulai kaku dan telinga semakin layu.

12. Kurang 1 Hari

Kematian adalah pasti. Source Unsplash

Satu hari sebelum kematian datang adalah merasakan denyutan yang keras pada bagian ubun-ubun. Denyutan ini biasanya terjadi setelah memasuki waktu ashar, jika merasakan hal ini biasanya tidak akan bisa berjumpa waktu ashar di hari esok.

Orang yang akan meninggal juga akan mengalami banyak hal yang berbeda dan berubah. Semua tanda-tanda ini bisa saja Anda rasakan atau tidak tergantung dari kepekaan diri Anda.

Dari tahapan tanda-tanda kematian manusia ini mungkin akan disadari setelah orang tersebut meninggal. Kematian kejadian yang pasti, dengan atau tanpa adanya tanda-tanda yang sudah dijelaskan ini setiap orang pasti akan meninggal. Untuk menghadapi kematian ini hanya amal ibadah dan keimanan yang perlu disiapkan.

Jika masjid anda membutuhkan Keranda Mayat Stainless dengan harga keranda mayat terbaik dan berbagai alat kepengurusan jenazah lainnya seperti Tempat Pemandian Jenazah, Bale, Tenda Pemandian, kami siap membantu anda.

radenprojosf

Happiness Marketing Of Jaya Madani

Leave a Reply