Perhatikan 9 Tanda-Tanda Kematian dari Segi Fisik Berikut Ini.

Perhatikan 9 Tanda-Tanda Kematian dari Segi Fisik Berikut Ini.

tanda-tanda kamtian

Kematian adalah sebuah kepastian dan proses alami bagi setiap manusia. Tidak ada yang tahu kapan akhir kehidupan seseorang akan tiba.

karena itu semua sudah merupakan ketetapan dari Sang Pencipta. Meski demikian, seseorang dengan tanda-tanda kematian yang sudah sangat dekat dapat dilihat secara jelas dari segi fisik.

Anda dapat menganggap pertanda tersebut sebagai sebuah petunjuk untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Terlebih jika anda menjumpainya pada salah satu orang terdekat dalam hidup anda.

Dalam artikel ini akan dijelaskan dengan detail seputar tanda-tanda kematian manusia secara fisik yang semakin dekat.

9 Tanda-Tanda Kematian dari Segi Fisik

Banyak kematian yang terjadi dengan begitu tiba-tiba tanpa didahului dengan kondisi sakit. Namun untuk kematian yang sebelumnya didahului dengan riwayat sakit ataupun memang sudah berusia uzur atau lansia, ada banyak tanda-tanda yang dapat diamati oleh orang di sekitarnya.

Berikut ini tanda-tandanya :

1. Berkurangnya Asupan Makan dan Minum

Bagi orang yang akan meninggal, nafsu makan maupun minum semakin berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Di saat yang sama, fungsi tubuh juga semakin menurun sehingga tidak memerlukan lebih banyak energi. Anda tidak perlu terkejut jika orang terkasih hanya mau meyantap satu hingga dua sendok makan saja.

Ketika pada akhirnya ia sudah tidak berkenan untuk makan lagi, anda tidak perlu memaksakan. Hilangnya nafsu makan adalah proses natural jelang kematian, dan memaksakan makan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun upayakan agar tetap terhidrasi misalnya dengan tetap membantu untuk terus minum.

2. Tidur Lebih Banyak dari Biasanya

Bukan merupakan sebuah keanehan jika di akhir masa hidupnya seseorang menjadi lebih sedikit terjaga. Hal ini juga dipengaruhi oleh metabolisme tubuh yang semakin menurun. Ketika metabolisme berada pada level terendah, maka seseorang akan cenderung menghabiskan banyak waktu untuk tidur.

Lebih lanjut, anda pun akan mengalami kesulitan untuk membangunkan orang tersebut. Ketika kematian mendekat, seseorang memang akan menjadi tidak respinsif dengan berbagai stimulus dari sekitar. Bahkan tidak jarang, dalam kondisi memiliki penyakit bawaan bisa saja kematian didahului dengan koma.

3. Perubahan Tanda-Tanda Vital

Kondisi sekarat akan mendorong terjadinya perubahan drastis pada tanda-tanda vital seseorang. Beberapa yang dapat anda perhatikan yaitu turunnya tekanan darah dan detak jantung yang menjadi tidak beraturan, Bahkan dalam kondisi yang sudah begitu lemah, akan semakin sulit merasakan detak jantung tersebut.

Tidak hanya itu, warna air seni dan kotoran pun juga berubah karena kerja ginjal juga mengalami perubahan. Umumnya air seni akan terlihat berwarna kecoklatan atau menyerupai warna karat pada besi. Selain itu, karena asupan makan dan minum yang semakin sedikit, frekuensi buang air juga secara otomatis berkurang signifikan.

4. Otot-Otot Melemah

Pada hari-hari mejelang kematian, maka otot tubuh seseorang akan mengalami pelemahan. Ketika hal ini terjadi, sangat sulit bagi orang tersebut untuk melakukan hal-hal sederhana misalnya seperti mengubah posisi tidur, dalam kondisi fisik yanga kian melemah ini, aktivitas normal sudah hampir tidak mungkin dilakukan.

Ketika sekarat, seseorang sudah tidak bisa lagi meninggalkan tempat tidur apalagi untuk berjalan. Pelemahan otot ini juga membuat kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan, bahkan untuk berbicara sekalipun. Tidak heran jika di hari-hari akhir sebelum menutup mata, seseorang lebih sering terlihat menyendiri.

5. Turunnya Suhu Tubuh

Beberapa hari sebelum seseorang meninggal dunia, sirkulasi darah akan berkurang secara drastis dan hanya terkonsentreasi pasa organ dalam. Dengan demikian, maka akan sangat sedikit darah yang beredar di tangan dan kaki. Jika anda menyentuh tangan dan kaki orang tersebut, Anda akan merasakan kulit yang sangat dingin.

Selain itu, perhatikan juga tanda-tanda kematian pada wajah yaitu warna kulit yang secara bertahap menalami perubahan. selain nampak begitu pucat, sering juga disertai semburat kebiruan ataupun keunguan. Ada juga yang disertai tanda lain berupa munculnya bercak-bercak kehitaman di kulit. Bahkan kehitaman pada gigi.

6. Mengalami Kebingungan

Ketika seseorang sedang sekarat, sebenarnya kondisi otaknya masih akti. Meski demikian, bisa jadi orang tersebut menjadi lebih sulit untuk memahami situasi yang ada disekelilingnya. Hal ini termasuk kebingungan dalam memahami tempat, waktu, bahkan mengenali orang terdekat termasuk keluarga dan sahabat sekalipun.

Disorientasi ini juga terkait dengan suplai oksigen ke otak yang semakin berkurang menjelang kematian. Namun ada juga yang kemudian justru menjadi begitu gelisah dan agresif karena kesulitan mencerna apa yang sedang terjadi. dalam beberapa saat bisa muncul energi secara spontan, lalu kemudian menjadi sekamin lemah blagi..

7. Merasakan Keaskitan Berlebih

Dalam kondisi sekarat, Tingkatan rasa sakit yang dialami bisa menjadi lebih intens. Anda bisa melihatnya dari ekspresi wajah yang menahan kesakita, hingga suara rintihan yang cukup jelas. Terlebih jika sebelumnya seseorang telah memiliki riwayat penyakit bawaan, maka dalam masa-masa ini sangat mungkin untuk terjadi komplikasi.

Namun sebaliknya, ada juga yang tidak mengalami intesitas kesakitan dan nyeri seperti ini. Tanda kematian pada orang sehat seringkali tidak melalui tahapan ini. Bahkan kepergiannya pun sering tidak disangka-sangka karena terjadi begitu cepat dan tanpa melalui rasa sakit.

8. Mengalami Halusinasi

Bukan merupakan hal yanganeh jika menjelang kematiannya seseorang akan mengalami halusinasi atau distorsi visual. Mungkin anda akan mendengar orang tersebut menceritakan apa yang ia lihat. Misalnya seperti dikunjungi oleh oleh terkasih yang telah berpulang lebih dulu atau melihat adanya cahaya terang.

Halusinasi menjelang kematian ini sering juga disebut dengan istilah “kesadaran mendekati ajal”. Namun secara medis, hal ini ditenggarai dengan aktivitas sel otak yang perlahan mati sehinga menimbulkan distorsi visual. Di sini, anda cukup mendengarkan saja apa yang disampaikan tanpa mendebatnya.

9. Perubahan Nafas

Orang yang tengah mengalami sekarat akan mengalami perubahan yang sangat terlihat pada pola nafas. Anda bisa memperhatikan terkadang nafas orang tersebut akan berhenti selama 10 hingga 30 detik. Namun kemudian tiba-tiba bernafas kembali dengan tenang, lalu berubah menjadi cepat lagi dan cenderung pendek-pendek.

Perubahan pola nafas ini sangat normal terjadi dalam proses sebelum meninggal karena paru-paru mulai kekurangan oksigen. Selain itu, jika anda mengamati lebih jeli akan terdengar suara berisik dari lendir di kerongkongan. Tidak jarang juga orang yang sedang sekaratterlihat seperti berusaha mencari udara bebas.

Pada jam-jam menuju hembusan nafas terakhir, maka organ-organ tubuh akan mulai berhenti bekerja dan terjadi kerusakan sensori secara permanen. Inilah tanda-tanda kematian secara fisik tidak ditelaah menurut medis. Di saat-saat ini, yang dapat anda lakukan adalah terus mendampingi sambil menuntun dengan talqin (untuk muslim).

Seseorang baru dinyatakan bernar-benar meninggal setelah mengalami henti jantung, denyut nadi tidak ditemukan, dan tidak ada aktivitas batangotak, Di saat ini, Anda bisa memanjatkan doa-doa terbaik mempersiapkan proses pengurusan jenazah dan menyiapkan peralatan kepengurusan jenazah yang dibutuhkan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam mengenali tanda-tanda kematian dari segi fisik. Semua pertanda ini sifatnya hanya sebagai petunjuk saja dan tidak selalu ditemui dalam setiap kasus jelang kematian. Namun dengan mengetahui pertanda ini, setiap manusia bisa mempersiapkan dirinya masing-masing untuk menghadapi kematian.

Artikel tanda-tanda kematian ini dirangkum dari beberapa Trusted Source :

https://legacy.npr.org/programs/death/readings/spiritual/muslim.html

http://www.fsans.com/Physical_Signs_of_Approaching_Death_420334.html

https://health.kompas.com/read/2020/02/09/102900568/kenali-11-tanda-seseorang-mungkin-akan-meninggal-dunia?page=all

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320794#is-death-near

https://www.honestdocs.id/tanda-tanda-kematian-sudah-semakin-dekat

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/06/196/1987787/penjelasan-mengejutkan-para-ahli-tentang-berhalusinasi-menjelang-kematian

Syauqi Muhammad Najmi

Adalah seorang penulis di Rajane Keranda. Lulusan pondok yang terjun ke dunia digital marketing dan ingin membuktikan bahwa santri bisa jadi apapun. Yang terpenting jangan lupa berdakwah !

Leave a Reply