Tanda-Tanda Kematian Dalam Islam yang Bisa Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kematian Dalam Islam yang Bisa Anda Ketahui

Tanda-tanda kematian dalam islam

Sesuai petunjuk Al-Qur’an bahwa setiap makhluk hidup akan merasakan kematian. Itulah yang dijanjikan Allah ta’ala dalam QS Al-Ankabut: 57. Kematian adalah sebuah mister, yang hanya Allah SWT semata yang mengetahuinya.

Namun, ada tanda-tanda kematian dalam islam yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang tertentu.

Yang wajib dilakukan kita sebagai muslim yang beriman adalah mempersiapkan diri sebelum ajal menjemput! Memang, terkadang ada firasat tentang kematian seseorang. Itulah yang selama ini dipahami atau dikaitkan dengan tanda-tanda maut akan datang.

Tanda-Tanda Kematian dalam Islam

Ada beberapa tanda seseorang yang akan menghadap sang pencipta. Berikut tanda-tanda kematian dalam islam yang bisa kita ketahui.

1. 100 Hari Sebelum Maut Menjemput

Menurut islam, tanda-tanda kematian seseorang bisa diketahui saat 100 hari sebelum malaikat Izrail melaksanakan tugasnya. Umumnya, tanda-tanda kematian seseorang di fase ini bisa diketahui setelah masuk waktu ashar.

Sebuah riwayat menyebutkan, dalam masa penantian malakul maut selama 100 hari kedepan, orang yang sudah terpilih menghadap itu akan merasakan sekujur tubuhnya menggigil hebat.

Dalam hal ini, tingkat keimanan seseorang sangat mempengaruhi kemampuan untuk memahami terhadap tanda-tanda kematian. Sesuai janji Allah tentang jalan kemudahan bagi orang-orang yang beriman.

Tanda-tanda kematian terasa nikmat bagi mereka yang sudah mempersiapkan diri untuk menghadap sang khaliq sejak dini. Yakni, dengan terus meningkatkan keimanan.

Mereka dapat langsung merasakan bahwa ajal sudah dekat. Maka, Mereka pun dengan ikhlas menerimanya sebagai isyarat dari Allah SWT.

Sebaliknya, bagi mereka yang tidak memiliki iman untuk dibawa sebagai bekal untuk menghadap ilahi, tanda-tanda kematian itu pastinya membuat mereka merasa bingung. Mereka tidak akan bisa menyadari tentang isyarat kematian yang datang dari Allah SWT.

2. 40 Hari Sebelum Maut Menjemput

Maut sudah semakin dekat dan ‘tamu istimewa’ Malaikat Izrail sudah mulai mempersiapkan diri. bagi orang yang tebal rasa keimanannya, Pastinya akan bisa merasakan tanda-tanda 40 hari sebelum ajal menjemput.

Umumnya, dia akan merasakan ada suatu denyutan yang muncul dari bagian pusar. Dikisahkan bahwa rasa denyutan itu terjadi bersamaan dengan gugurnya sebuah daun yang ada di Arsy, bertuliskan nama seseorang yang akan meninggal. Tanda-tanda kematian ini terjadi pada ba’da Ashar.

Mengetahui bahwa sebuah daun atas nama seseorang yang dipilih untuk menghadap-Nya itu sudah gugur, Malaikat maut kemudian segera mengambil daun tersebut.

Sejak namanya ada di tangan Malakul maut, seseorang tidak akan pernah terlepas dari pengawasannya. malaikat Izrail akan mengikuti kemanapun “orang terpilih” itu pergi.

Dalam satu riwayat, orang yang selalu taat beribadah kepada Allah akan diberi keistimewaan bisa melihat wujud malaikat maut itu, meskipun hanya sekilas.

Sifat manusia memang tidak terlepas dari rasa takut ketika melihat wujud malaikat maut. Dia pun sadar bahwa waktunya didunia tinggal menghitung hari.

3. 7 Hari Sebelum Maut Menjemput

Tanda-tanda kematian dalam islam selanjutnya bisa dilihat dari 7 hari sebelum Malakul Maut menjemput. Hampir semua tanda-tanda kematian seseorang terjadi di waktu Ashar, tak terkecuali waktu 7 harti sebelumnya.

Salah satu tanda yang sangat dirasakan pada fase ini adalah adanya perubahan fisik serta perubahan kebiasaan yang dijalani selama ini oleh orang yang akan meninggal.

Lihat pada perubahannya. Sebagai contoh, jika selama ini dia sulit makan, namun tiba-tiba mendadak makannya sangat lahap, padahal dia sedang sakit keras. maka, bisa jadi itu tanda-tanda bahwa ajalnya sudah dekat.

Atau, dia akan melakukan hal-hal lain yang selama hidupnya jarang dilakukan. Namun, ketika sakit, dia melakukannya. Itu semua kuasa Allah. Ini hanya tanda-tanda kematian sebagai isyarat agar orang-orang yang mengetahuinya lebih mempersiapkan diri untuk menghadap-Nya.

4. 3 Hari Sebelum maut Menjemput

Waktunya semakin dekat, tinggal menunggu waktu tiga hari sebelum Malaikat Izrail menjemput seseorang. Bagi seseorang yang memiliki tingkat keimanan dan ketakwaan yang tinggi, bisa dengan mudah mengetahui tanda-tanda akan datangnya maut ini.

Apa tanda-tandanya menurut kacamata Islam?

Seseorang yang taat beribadah akan merasakan adanya denyutan pada dahi. Tepatnya, denyutan itu persis berada di tengah-tengah dahi. Inilah yang kemudian dijadikan tanda-tanda tiga hari menjelang kematian.

Tanda-tanda yang lain, jika anda jeli, anda bisa melihat terjadinya perubahan pada bola mata seseorang yang akan meninggal. Hal yang paling jelas terlihat adalah perubahan pada warna alis yang mulai memudar.

Selain itu, beberapa bagian fisik yang lain seperti kedua kaki akan terasa mulai lemah. Bentuk telinga juga berubah, tidak lagi tegak berdiri. Demikian juga bentuk hidungnya yang mengalami perubahan dari bentuk normalnya.

Seseorang yang sedang melewati fase ini disarankan agar memperbanyak puasa sunnah serta amalan shaleh lainnta. Ada hal penting kenapa 3 hari menjelang kematiannya, seseorang disarankan untuk berpuasa.

Tanda-tanda datangnya maut dalam Islam mestinya dapat mengingatkan keimanan seseorang. Berpuasa adalah salah satu cara untuk menghadapi sakaratul maut. dengan berpuasa, seseorang dapat mengurangi najis yang ada di perutnya. Sekaligus puasa akan mempermudah proses pemandiannya dengan tempat pemandian jenazah

5. Sehari Sebelum Maut Menjemput

Saatnya seseorang untuk terus berdzikir dan menyebut nama-Nya. Satu hari menjelang maut menjemput akanterjadi tanda-tanda pada sesorang, seperti mengalami denyutan dibagian ubun-ubun. Denyutan itu akan semakin terasa hingga waktu ajalnya tiba.

Dalam satu riwayat, Salah satu tanda kematian menurut agama islam ini akan terjadi setelah waktu Ashar. Orang yang sudah berada pada fase ini menandakan bahwa dia sudah tidak bisa lagi bertemu waktu Ashar dihari berikutnya.

6. Waktu Terakhir Sebelum Maut Menjemput

Bertaubatlah selagi nafas masih belum melewati tenggorokan! Tanda-tanda terakhir ini sekaligus merupakan waktu paling krusial bagi seseorang hamba untuk memohon ampun dan bertaubat sebelum ajal menjemputnya.

Pada fase ini, seseorang akan merasakan kesejukan yang luar biasa pada bagian pusarnya, kemudian menjalar ke bagian pinggang hingga tenggorokan. Jika seseorang sudah mengalami tanda-tanda seperti ini, hendaknya selalu mengingat Allah. Teruslah berdzikir dan bertobat meminta ampunan-Nya.

Dalam satu riwayat, kematian adalah suatu peristiwa yang sangat berat. Untuk itu, seseorang hendaknya mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Usahakan agar terus berpikir tenang serta fokus hanya untuk menyebut nam Allah yang maha Kuasa.

Seseorang yang sudah mengetahui tanda-tanda maut akan menghampiri dirinya haruslah banyak berdoa. Sehingga, saat ajal menjemput, dia sudah benar-benar siap menyambut Malakul Maut dengan segala ketegangan yang akan terjadi.

Yakinlah, kematian adalah suatu keniscayaan yang akan dialami oleh setiap makhluk yang bernyawa. Dimanapun anda berlindung malaikat maut pasti akan menemukanmu. Itulah salah satu peringatan dari Al-Qur’an yang mengingatkan kepada umat muslim agar selalu ingat akan kematian.

Jika tanda-tanda kematian dalam islam sudah didepan mata. Lantas, apa yang hendak dilakukan untuk menyambut sang malaikat maut ? Tak lain adalah mempersiapkan bekal amal ibadah dan kebaikan untuk dibawa menghadap Allah SWT.

Artikel tentang tanda-tanda kematian dalam islam ini dirangkum dari trusted source :

https://www.merdeka.com/jatim/5-tanda-tanda-kematian-menurut-agama-islam-kln.html

https://www.diadona.id/health/10-tanda-tanda-kematian-akan-datang-menurut-islam-200225v.html

https://www.dictio.id/t/apa-tanda-tanda-orang-yang-akan-meninggal-menurut-islam/19244

radenprojosf

Happiness Marketing Of Jaya Madani

Leave a Reply