13 Tanda Kematian Sudah Dekat yang Mudah Dikenali

13 Tanda Kematian Sudah Dekat yang Mudah Dikenali

Tanda Kematian sudah dekat bisa dilihat dari perubahan fisik dan kesehatan dari seseorang. Beberapa orang akan mengalami tanda ini jika sudah dekat dengan kematian.

tanda kematian sudah dekat
intisari.grid.id

Kematian merupakan salah satu hal yang sangat misterius di muka bumi ini, setiap orang pasti mati tapi tidak ada yang mengetahui waktu tepatnya. Dalam berbagai studi kasus ditemukan beberapa tanda kematian sudah dekat. Tanda ini adalah tanda yang sering muncul ketika orang akan meninggal dalam waktu dekat.

ada 13 tanda yang bisa dikneali ketika orang akan meninggal. Dari ketiga belas tanda ini beberapa diantaranya dilihat dari keadaan fisik orang tersebut.

Tanda Kematian Sudah Dekat

Berikut ini adalah tanda-tanda yang sering muncul pada orang yang akan meninggal :

1. Air Seni Berubah Lebih Pekat atau Lebih Cokelat

Warna air seni yang sehat adalah tidak terlalu terang tidak juga terlalu pekat. Salah satu tanda-tanda kematian menurut medis adalah air seni yang waranya cenderung berubah menjadi lebih pekat.

Air seni yang menjadi lebih oekat atau cokelat bisa saja terjadi pada orang yang mengalami gagal ginjal atau kerusakan ginjal.

Perubahan warna dari air seni pada orang yang menderita sakit ginjal biasanya tubuh akan merasa sakit terlebih dahulu. Berbeda dengan orang yang akan meninggal, perubahan ini tidak dibarengi dengan rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada ginjal.

2. Nafsu Makan Menurun Drastis

Tanda lainnya seseorang mendekati ajal atau kematiannya adalah nafsu makan menurun secara drastis. Nafsu makan biasanya menurun secara drastis. Nafsu makan biasanya menurun secara drastis secara bertahap 3 sampai 4 hari sebelum kematian orang tersebut tidak makan apapun.

Sebenarnya nafsu makan menurun bisa terjadi pada siapa saja, namun orang yang akan meninggal nafsu makannya bisa hilang sama sekali. Anda yang mendapati salah satu keluarga mengalami penurunan nafsu makan yang drastis harus ditelusuri terlebih dahulu.

3. Otot-otot Melemah

Orang yang akan meinggal salah satu tandanya adalah otot-otot pada tubuh mulai meleah. Banyak yang berasumsi melemahnya otot tubuh ini karena tidak adanya energi yang mengalir pada tubuh dikarenakan nafsu makan menurun.

Hal ini bisa saja benar, namun berbeda dengan orang yang akan meninggal. Otot pada orang yang akan meninggal melemah secara perlahan dan seiring mendekati ajalnya otot semakin tidak mempunyai tenaga.

4. Lebih Banyak Tidur

Tanda lainnya dari orang yang sudah dekat dengan kematian adalah akan lebih banyak tidur. Tidur adalah salah satu cara tubuh untuk memulihkan kembali tenaga. Orang yang mendekati kematian kebanyakan akan sering tidur karena organ yang ada di dalam tubuhnya sudah mulai melemah.

Tidurnya orang yang mendekati kematian berbeda dengan tidurnya orang yang masih sehat. Anda bisa melihatnya dari irama pernafasannya, orang yang sudah mendekati kematiannya akan lebih teratur dan lebih tenang. Hembusan nafasnya juga lebih dalam dibandingkan biasanya.

5. Menarik Diri dari Kehidupan Sosial

Orang yang mendekati kematian tidak hanya orang yang sakit bukan? Orang yang sehat bisa saja meninggal mendadak tanpa ada gejala awal ang menunnjukan kepada kematian. Salah satu tanda kematian pada orang sehat bisa dilihat dari perilakunya.

Perilaku orang yang sudah mendekati kematian biasanya akan berubah jika Anda memperhatikannya. Salah satu hal yang berubah adalah lebih menarik diri dari dunia luar. Hal ini mungkin lumrah bagi orang yang introvert, namun jika biasanya orang tersebut ceria kemudian menarik diri bisa saja kematian sudah dekat.

Orang yang menarik diri bisa saja memang sedang mengalami masalah atau tekanan. Namun jika orang tersebut tidak mempunyai masalah lalu mendadak menarik diri atau memberikan batasan dengan dunia luar bisa saja itu merupakan tanda kematiannya.

6. Warna Kulit Berubah

Tanda-tanda kematian pada wajah bisa dilihat dari perubahan warna kulitnya. Secara umum orang yang mendekati kematian warna kulitnya akan berubah menjadi lebih pucat. Salah satu bagian tubuh yang menonjol lebih pucat adalah bagian wajah.

Anda bisa memperhatikan wajah orang yang sudah sakit parah, menjelang ajalnya wajah akan selalu pucat. Tingkat kepucatan wajah akan semakin terlihat jika seseorang tersebut sudah mendekati ajalnya.

7. Jarang Buang Air Kecil ataupun Besar

Orang yang sudah mendekati kematian juga akan jarang melakukan buang air kecil ataupun besar. Salah satu faktornya adalah menurunnya nafsu makan yang sangat drastis. Tidak adanya makan adan minuman yang masuk ke dalam tubuh membuat metabolisme tubuh berubah sehingga orang tersebut akan jarang buang air kecil.

8. Sering Mengalami Halusinasi dan Kebingungan

Mengalami halusinasi dan kebingungan juga menjadi salah satu tanda orang akan mendekati ajalnya. Orang yang sudah dekat dengan kematian biasanya sering berhalusinasi bertemu dengan orang yang dicintainya tapi yang sudah meninggal.

Halusinasi ini bisa saja terjadi ketika Anda merasa rindu dengan orang tersebut bukan? Namun jika intensitasnya sering dan Anda juga sering merasa kebingungan bisa jadi itu merupakan tanda kematian sudah semakin dekat.

9. Lambat dalam Merespon

Ketika orang sudah dekat dengan kematian maka salah satu tanda yang bisa dikenali adalah kecepatan dalam merespon. Kecepatan respon orang yang sudah mendekati ajal akan berkurang dan lambat. Hal ini dikarenakan saraf orang tersebut sudah mulai melemah sehingga kecepatan responnya juga melambat.

10. Pola Pernapasan Berubah

Sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa orang mendekati kematian pernapasannya akan melambat pada saat tidur. Jika kematian sudah semakin dekat tidak hanya pada saat tidur saja, pada saat terjaga pernapasan juga mulai kurang teratur dan lambat secara perlahan.

11. Suhu Tubuh Menurun

Allah telah menentukna ajal manusia. Source Unsplash

Tidak hanya muka pucat tanda kematian saja, tanda lainnya dari orang yang mendekati kematian adalah suhu tubuh yang terus menurun. Anda bisa merasakan orang yang sudah mendekati kematian tangan dan kakinya akan terasa dingin.

Namun Anda perlu memperhatikan cuaca sekitar, mungkin saja tangan dan kaki dingin karena suhu udara yang rendah. Untuk orang yang sudah dekat dengan kematian biasanya yang terasa dingin adalah bagian ujung jari tangan dan kaki.

12. Tiba-Tiba Meminta Permohonan Khusus

Pernahkah Anda mengalami orang tua atau saudara yang meminta permintaan khusus kemudian tidak lama kemudian dia meninggal? Terkadang firasat kematian sudah dekat juga bisa dirasakan, dan jika hal itu terjadi orang tersebut secara tidak sengaja akan meminta permintaan khusus.

13. Sering Merasakan Nyeri

Merasakan nyeri yang lebih hebat dibandingkan pada biasanya juga menjadi salah satu tanda kematian sudah dekat. Nyeri ini dikarenakan otot tubuh mulai melemah karena menjelang kematian darah hanya fokus mengalir pada organ yang penting saja.

Rasa nyeri yang sangat hebat ini bisa saja terjadi pada orang sehat yang akan meninggal. Namun rasa nyeri yang hebat lebih dialami oleh orang yang sakit dan sudah dekat dengan kematiannya.

Tanda kematian sudah dekat seperti yang sudah dijelaskan diatas mungkin saja tidak semuanya dirasakan. Satu atau bahkan dua dari tanda tersebut bisa saja dirasakan atau dilihat oleh orang terdekat.

Kematian memang akan terjadi pada setiap orang, sebagai makhluk yang beriman harus ikhlas dan siap kapan pun jika kematian datang menjemput. Semua yang terjadi pada diri manusia sudah ditentukan dan itu adalah yang terbaik.

Sebelum diri kita dimandikan, dikafani dan naikkan ke dalam Keranda, ada baiknya kita segera bertaubat kepada Allah.

Mari berperan aktif. Jika ada mempunyai kritik dan saran untuk artikel tentang tanda kematian sudah dekat ini, silahkan menghubungi admin kerandamayatstainless.com yang menyediakan keranda dengan harga keranda mayat terbaik. Terima kasih.

Syauqi Muhammad Najmi

Adalah seorang penulis di Rajane Keranda. Lulusan pondok yang terjun ke dunia digital marketing dan ingin membuktikan bahwa santri bisa jadi apapun. Yang terpenting jangan lupa berdakwah !

Leave a Reply