Rasa Takut akan Kematian? Ini Penjelasannya!

Sebenarnya rasa cemas dan takut akan kematian itu wajar dan umum dirasakan oleh banyak orang. Namun akan berbeda bila rasa takut tersebut sudah berlebihan. Dalam dunia kedokteran rasa takut berlebihan akan kematian dikenal dengan sebutan thanatophobia. Apabila rasa takut tersebut dirasa sudah berlebihan, maka diperlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa semua makhluk hidup yang bernayawa tentu saja akan menghadapi kematian. Namun tidak ada yang tau kapan waktu tersebut terjadi, hanya Allah SWT sajalah yang tau kapan tiba ajal dari seseorang. Tugas kita sebagai makhluk hidup ciptaan Allah adalah mempersiapkan bekal yang cukup untuk kembali menghadap-Nya kelak.

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’ Ayat 35).

Ilustrasi takut yang berlebihan, Sumber : cnnindonesia.com
Ilustrasi takut yang berlebihan, Sumber : cnnindonesia.com

Seperti yang telah tertuang dalam QS. Al-Anbiya’ Ayat 35 tersebut, bahwa setiap makhluk yang bernyawa akan merasakan kematian. Daripada Anda pusing dan cemas karena ketakutan akan kematian, lebih baik Anda mencoba untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Semua itu bertujuan untuk mempersiapkan bekal apabila sewaktu-waktu tiba giliran Anda untuk menghadap Allah SWT.

Perlu digaris bawahi dalam kondisi tertentu merasa takut mati ini juga ada baiknya. Mengapa demikian? Dengan adanya rasa takut mati membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dan menjauhi segala larangannya. Manfaat mengingat kematian juga dapat membuat kita lebih semangat mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah SWT.

Cara Mengatasi Rasa Takut Mati

Jika Anda memiliki rasa takut akan kematian yang berbeda dari biasanya, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Namun jika dirasa setelah melakukan beberapa hal di bawah ini rasa takut Anda belum membaik dan semakin parah, maka jangan ragu untuk konsultasi ke dokter ya. Bisa jadi Anda mengalami thanatophobia, sehingga perlu penanganan yang lebih lanjut.

1. Memperbaiki Ibadah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika dihantui perasaan takut mati adalah dengan memperbaiki ibadah kepada Allah SWT. Apabila Anda masih belum menjalankan sholat 5 waktu maka bisa dimulai dengan memperbaikinya terlebih dahulu. Lakukan kewajiban sholat 5 waktu dengan niat yang lurus yaitu untuk beribadah kepada Allah.

Sebenarnya sholat 5 waktu merupakan hal yang wajib dilakukan, namun masih banyak orang yang menyepelekannya. Jadi jangan karena hanya takut mati saja lalu baru menjalankan sholat 5 waktu ya. Namun dengan memperbaiki ibadah, dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan akan kematian yang selalu menghantui Anda.

Baca juga : Memahami Musibah Kematian dengan Pemahaman dan Sikap yang Benar

Membaca Al-Qur’an juga merupakan ibadah yang perlu Anda perbaiki. Jika Anda termasuk orang-orang yang jarang membacanya maka sekarang mulailah membaca sedikit demi sedikit. Tidak perlu langsung dilakukan secara drastis, bacalah sedikit demi sedikit saja yang penting dilakukan secara rutin. Setelah terbiasa barulah Anda memasang target harian.

Dengan memperbaiki serta meningkatkan ibadah, dapat mengurangi berbagai kecemasan Anda termasuk kematian. Setelah membaca Al-Qur’an dan melaksanakan sholat 5 waktu, Anda akan merasakan perasaan yang jauh lebih tenang. Sehingga muncul rasa bahwa saat ini Anda lebih dekat dengan Allah SWT daripada hari-hari yang telah berlalu.

Memperbaiki ibadah, Sumber : news.detik.com
Memperbaiki ibadah, Sumber : news.detik.com

2. Melakukan Ibadah Sunnah Harian

Ada berbagai ibadah sunnah harian yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk kita semua. Misalnya saja seperti sholat Dhuha, sholat malam (tahajud), berzikir di waktu pagi hari dan sore hari, sholat sunnah Rawatib. Selain itu juga selalu beristighfar, berpuasa di hari Senin dan Kamis, hingga masih banyak lagi amalan sunnah lainnya yang bisa Anda lakukan.

Baca juga : Menyiapkan Bekal Kematian yang Harus Sangat Diperhatikan

Dengan menambah ibadah sunnah, hati Anda akan merasa lebih tenang. Sehingga perlahan-lahan rasa cemas dan takut yang berlebihan akan kematian akan hilang. Semua itu tidak terjadi secara instan, namun perlu waktu sehingga Anda perlu bersabar dan terus melakukan kegiatan yang baik ini.

Ilustrasi berzikir, Sumber : manado.tribunnews.com
Ilustrasi berzikir, Sumber : manado.tribunnews.com

3. Melakukan Kegiatan Positif

Lakukanlah berbagai aktivitas yang membawa energi positif, misalnya saja mulai ikut kajian rutin. Bisa juga dengan bersedekah kepada saudara-saudara yang sedang mengalami kesulitan. Anda juga bisa melakukan hobi yang baik seperti berolahraga di pagi hari. Bahkan belajar memasak untuk mengalihkan rasa takut akan kematian tersebut.

Melakukan kegiatan positif juga dapat menjauhkan Anda dari hal-hal yang dilarang oleh Allah. Sehingga hari-hari Anda akan jauh lebih tenang dan terhindar dari rasa cemas. Ternyata tidur juga dapat membantu Anda lebih rileks loh. Maka dari itu jika dirasa Anda merasakan kecemasan, Anda bisa mengistirahatkan hati dan pikiran Anda dengan tidur sejenak.

Ilustrasi bersedekah, Sumber : okezone.com
Ilustrasi bersedekah, Sumber : okezone.com

4. Berkumpul dengan Lingkungan Orang yang Baik

Hindari berkumpul dengan orang-orang yang mengajarkan kemaksiatan. Mulailah mencari lingkungan yang baik dan terhindar dari kemaksiatan. Dengan berkumpul dengan orang yang baik, maka dapat memberikan energi yang positif juga ke kehidupan Anda. Jadi dapat membantu mengurangi rasa cemas yang ada di diri Anda.

Selain itu mulai dekatkanlah diri dengan keluarga, bagaimanapun juga keluarga adalah tempat pertama yang bisa menerima Anda dalam kondisi apapun. Jangan takut atau ragu menceritakan masalah atau kegelisahan dalam diri kepada keluarga atau orang terdekat yang dirasa nyaman dan baik.

Ilustrasi dekat dengan keluarga, Sumber : humairoh.com
Ilustrasi dekat dengan keluarga, Sumber : humairoh.com

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa cemas akan kematian. Apabila jika rasa cemas dan takut Anda tidak berkurang setelah melakukan cara tersebut, maka Anda bisa pergi memeriksakan diri ke dokter maupun psikiater. Bisa jadi Anda mengalami fobia akan kematian atau biasa disebut dengan thanatophobia.

Ada sedikit tambahan informasi untuk Anda yang sedang mencari berbagai alat kepengurusan jenazah, misalnya saja keranda mayat stainless dan yang lainnya. Bisa menghubungi kami untuk melakukan pemesanan atau mendapatkan informasi lebih lanjut terkait harga keranda mayat stainless. Kami dari Rajane Keranda siap melayani Anda sepenuh hati.

Terima kasih telah menyimak informasi di atas seputar rasa takut akan kematian. Tidak perlu terlalu cemas memikirkannya, karena sejatinya setiap makhluk hidup akan mengalaminya. Fokus saja pada mempersiapkan bekal yang dibutuhkan untuk bertemu menghadap Allah SWT. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Rajane Keranda.

Leave a Reply