Manfaat Tadarus Dibulan Ramadhan

Manfaat Tadarus Dibulan Ramadhan

Manfaat Tadarus Dibulan Ramadhan,- 

Assalamualaikum Wr.Wb, Semoga anda selalu dalam keaadaan sehat dan selalu berada dibawah lindungan Allah SWT, Aamiin..

Pertama – tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT, Yang telah memberikan kita umur yang Panjang hingga tak terasa kita akan kembali berjumpa dengan bulan suci ramadhan

Kali ini admin akan memberikan 5 Manfaat Tadarus Dibulan Ramadhan yang harus kalian ketahui, diantaranya :

manfaat-tadarus-dibulan-ramadhan

1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari tadarus Alquran di bulan Ramadan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Segala amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan ini akan diberikan pahala yang berlipat ganda lho oleh Allah SWT, tak terkecuali tadarus Alquran, yang merupakan ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan, di bulan penuh ampunan ini.

Membaca satu huruf Alquran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, seperti yang telah diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadist Rasullah SAW.

Nah, hanya membaca satu huruf saja, akan mendapatkan 10 kebajikan, bagaimana jika kita membaca lebih dari satu huruf? Tentunya akan banyak sekali pahala yang akan kita dapat.

Oleh sebab itu, daripada melakukan kegiatan yang tidak ada artinya, seperti hanya bermalas-malasan saja, lebih baik memperbanyak pahala dengan rutin melakukan tadarus Alquran.

2. Mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari tadarus Alquran di bulan Ramadan, yaitu mempererat ukhuwah Islamiyah, atau persaudaraan sesama umat Islam.

Dengan mengikuti kegiatan tadarus Alquran di masjid atau mushola, maka akan menyambung silaturahmi dengan sesama saudara muslim lainnya, yang mungkin saja sempat terputus karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari yang sangat padat.

Dengan rutin mengikuti kegiatan tadarus Alquran di masjid atau mushola selama bulan Ramadan, akan meningkatkan interaksi dengan sesama kaum Muslimin, yang secara tidak langsung juga akan mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah.

3. Jiwa menjadi lebih tenang dan tentram

Melakukan tadarus Alquran gak hanya akan membuat kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda saja, namun juga akan memberikan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa kita.

Didalam Surat Al-Isra [17] ayat 82, dijelaskan bahwa Alquran diturunkan oleh Allah SWT, untuk menjadi obat bagi segala penyakit kejiwaan, sehingga bagi siapapun yang membacanya akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwanya.

4. Menjauhi dari Godaan Syetan

Ketika membaca Al-Quran, maka kita akan terfokus pada apa yang kita baca. Untuk itu, kebiasaan membaca Al-Quran tidak disenangi syetan karena dengan hal itu ia sulit untuk menggoda dan membisikkan hal-hal buruk pada manusia. 

Membaca Al-Quran juga menjauhkan kita untuk berbuat maksiat sebagaimana disukai oleh syetan.

Syetan tentu membenci mereka yang membaca Al-Quran karena dengannya kita semakin kuat terhadap fungsi iman kepada Allah SWT dan manfaat beriman kepada Allah SWT.

Selain itu muncul juga dalam diri kita sebagaimana keutamaan cinta kepada Rasulullah, dan menjalankan apa yang ada dalam fungsi Al-Quran bagi umat manusia. 

Seytan tentu tidak suka dengan orang-orang seperti itu.

Orang yang tidak banyak beribadah, mengingat Allah, serta melakukan amalan shaleh maka akan lebih berpeluang digoda oleh syetan. 

Hal ini dikarenakan dalam hati dan pikirannya kosong tidak menentu, untuk itu mudah untuk dikelabui, didorong, dan dikendalikan oleh hawa nafsu.

5. Membangun Pikiran Positif

Di dalam Al-Quran berisi berbagai ilmu dan juga hikmah yang positif. Dengan membacanya, tentu saja hal ini juga akan mempengaruhi pikiran kita menjadi lebih positif terutama di bulan Ramadhan.

Walaupun diuji dengan lemasnya fisik, tentu pikiran kita akan baik karena dipengaruhi oleh hikmah dan ilmu positif tersebut. Untuk itu, tidak rugi jika kita membaca Al-Quran sebaik-baiknya.

Selaini itu, dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan kita menjadi terkondisikan dan akan lebih sering memikirkan sesuatu berdasarkan dalil agama, bukan hawa nafsu atau dorongan negatif kita. Dengan begitu, Ramadhan akan lebih indah dan bermakna.

Semoga, bulan Ramadhan yang dijalani nantinya akan menjadi lebih baik terus menerus dari Ramadhan sebelumnya dan menjadi Ramadhan yang terbaik.

Untuk bisa menjadi Ramadhan terbaik, maka salah satunya membaca Al-Quran harus menjadi kebiasaan dan konsisten di lakukan dalam diri kita.

Demikianlah 5 manfaat tadaris dibulan ramadhan yang admin buat kali ini, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, Semoga kita selalu dalam keadaan Sehat aamiin

Hallo, admin sedikit sharing barang yang kita bikin nih hehe, Kita menjual Alat Kepengurusan Jenazah, Dengan Qualitas Insyaallah Nomer 1 di Indonesia, Yuk langsung klik tombol dibawah untuk melihat penjelasannya

Leave a Reply