Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Wr.Wb, Semoga anda selalu dalam keaadaan sehat dan selalu berada dibawah lindungan Allah SWT, Aamiin..

Pertama – tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT, Yang telah memberikan kita umur yang Panjang hingga tak terasa kita akan kembali berjumpa dengan bulan suci ramadhan

Saat ini kita sudah memasuki Bulan Syaban, Yang berarti, sebentar lagi kita akan bertemu kembali dengan bulan suci yang sangat ditunggu tunggu oleh kita semua, yaitu bulan Suci Ramadhan, Bulan Ramadhan ataupun yang selalu identik dengan Bulan Puasa, Menurut Wikipedia bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan Puasa atau saum dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim.

 

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa Ramadhan dalam hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi.

Itu merupakan sedikit penjabaran tentang Pengertian Bulan Ramadhan, Didalam artikel kali ini admin akan lebih berfokus membahas tentang Keutamaan Bulan Ramadhan yang harus anda ketahui, untuk menambah wawasan anda seputar Bulan Ramadhan itu sendiri, Bahkan Insyaallah akan membuat anda lebih siap menghadapi Bulan Ramadhan Tahun ini..

Yuk kita kupas lebih jauh lagi tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Sudah selayaknya atau seharusnya umat islam memahami keutamaan atau Fadhilah dari setiap ibadah yang Allah SWT perintahan. Menurut para ulama, pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal saleh akan mendorong kepada peningkatan ketaqwaan seseorang.

Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan, karna dibulan Ramadhan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat seperti berikut ini :

1. Ramadhan Bulan Diturunkannya Al – Qur’an

Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al – Qur’an). Dengan diturunkannya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan sudah menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman  :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Di ayat lain, Allah SWT berfirman :

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1).

Dan banyak lagi ayat lainnya yang menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Itulah mengapa bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran (bulan Al-Quran).

2. Bulan Penuh Keberkahan

Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Diceritakan dari Abu Hurairah dalam kitab Shahih Bukhori juz 1 halaman 283 tentang keutamaan bulan Ramadhan, yang berbunyi sebagai berikut:

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Bahwa Nabi Muhammad bersabda, barang siapa yang menunaikan sholat di malam lailatul qadar dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka Akan diampuni dosa-dosa yang terdahulu. Dan barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosa yang terdahulu”. (HR. Bukhori).

Dalam redaksi kitab yang lain, diterangkan tentang diturunkannya rahmat pada bula Ramadhan dalam kitab al Ithafu Ahlu al Islam bi Khususiyyati as Syiam karangan Imam Ibnu Hajar al Haitami al Makki  yang berbunyi,

وأخرج الطبراني وابن النجار عن عبادة بن الصامت : أتاكم شهر رمضان شهر بركة فيه خير ، ينزل الله فيه الرحمة ، و يحط فيه الخطايا، ويستجيب فيه الدعاء ، ويباهي بكم الملائكة ، فأدوا من أنفسكم خيرا فإن الشقي من حرم فيه رحمة الله عز وجل

Artinya: “Datang kepada kalian bulan Ramadhan sebuah bulan yang penuh keberkahan yang di dalam terdapat kebaikan, Allah telah menurunkan di bulan ini kerahmatan, menghapus beberapa kesalahan, terkabulnya sebuah doa, memamerkan dirimu sekalian kepada malaikat, maka lakukanlah kebaikan dari dirimu sekalian, sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang terhalang dari rahmat Allah.”

Dan di dalam bulan penuh kemuliaan dan keberkahan ini maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, namun banyak keberkahan lainnya. Puasa ditinjau dari aspek ekonomi, maka Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Bagi fakir miskin, Ramadhan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan ini seorang muslim sangat digalakkan dan disunnah untuk berinfaq dan bersedekah di bulan ramadhan kepada mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka.

3. Malam Lailatul Qodar

Kemuliaan bulan ramadhan salah satunya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan ramadhan yaitu malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan adalah saat diturunkannyaAlQur’anul Karim.

Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ ,وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ ,لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS.AlQadr:1-3).

4. Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan

Rasulullah Shallallah Alaihi Wa Sallam bersabda :

عمرة في رمضان تعدل حجة 

Artinya: “Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji “ (HR. Bukhari dan Muslim )Dalam riwayat Muslim disebutkan,“……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku “

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata, ‘Apabila telah tiba bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih 

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata, ‘Apabila telah tiba bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain”.

5. Bulan Yang Mengajarkan Sabar Dan Meningkatkan Ketakwaan

Puasa, khususnya di Bulan Ramadhan, mengajarkan bagaimana sabar dalam menahan makan, minum, dan hawa nafsu. Kesabaran itulah yang menuntun pada peningkatan ketakwaan dan penghambaan diri kepada Allah dan membebaskan hati dari penyakit-penyakit hati yang bisa menurunkan ketakwaan. Hal itu sesuai dengan kalam Allah dalam surat al Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. al Baqarah: 183).

Demikian adalah beberapa keutamaan Bulan Ramadhan. Semoga kita diberikan kekuatan oleh dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini dengan konsisten dan berkelanjutan, agar mendapatkan rahmat, berkah, dan pengampunan Allah. Selamat beribadah! Semoga artikel ini bermanfaat. Wallahu a’lam bi ash Shawab.

6. Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah

Allah Ta’ala menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya : “Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR.BukharidanMuslim).

7. Bulan dibukanya Pintu Surga dan ditutupnya Pintu Neraka

Diceritakan dalam hadis Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah riwayat Imam Bukhori tentang keutamaan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Sebagaimana keterangan dalam kitab Shahih Bukhori juz 3 halaman 32, yang berbunyi sebagai berikut:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ – وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ – عَنْ أَبِى سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ 

Artinya: “Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhori).

Dalam redaksi kitab yang lain, hadis yang diceritakan dari Abu Hurairah, riwayat yang dijelaskan dalam kitab Sunan at Turmudzi halaman 682yang berbunyi sebagai berikut:

حدثنا أبو كريب محمد بن العلاء بن كريب حدثنا أبو بكر بن عياش عن الأعمش عن أبي صالح عن أبي هريرة :قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا كان أول ليلة من شهر رمضان صفدت الشياطين ومردة الجن وغلقت أبواب النار فلم يفتح منها باب وفتحت أبواب الجنة فلم يغلق منها باب وينادي مناد يا باغي الخير أقبل ويا باغي الشر أقصر ولله عتقاء من النار وذلك كل ليلة

Artinya: “Diceritakan dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun ditutup.” Dan seorang penyeru menyerukan, ”Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan, tahanlah. Dan Allah memiliki orang-orang yang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu yang terjadi setiap malam.” (HR. Turmudzi).

Alhamdulilah, Semoga kita semua mendapatkan pahala karna mempelajari dan mencari tau apa itu Keutamaan Bulan Ramadhan, Semoga kita yang membacanya mendapatkan manfaat dalam kehidupan kita.

Itu tadi merupakan Keutamaan Bulan Ramadhan yang dapat kami rangkum untuk anda, Semoga apa yang ingin anda ketahui terdapat didalamnya ya, Sebenarnya masih bayak lagi keutamaan Bulan Ramadhan, namun admin rasa ini sudah cukup untuk memberikan kalian wawasan seputar Keutamaan dari bulan Ramadhan itu sendiri.

Pembahasan tadi merupakan beberapa keutamaan bulan ramadhan yang dapat admin bagikan kepada kalian, jika ada kesalahan penulisan ataupun kesalahan makna, admin mohon di maklum, karna masih dalam tahap belajar hehe 😀 

Semoga tulisan admin kali ini dapat memberikan sedikit pencerahan seputar Keutamaan Bulan Ramadhan, Dan semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah puasa dari awal sampai akhir kemenangan bersama kita, yaitu lebaran.. Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang beruntung.. Aamiin

Kegiatan Produksi

Admin mau sedikit iklan produk admin nih, barangkali mas, mba, bapak, ibu, ncang, inceng semuanya membutuhkan produk Alat Kepengurusan Jenazah Kami menjual berbagai alat kepengurusan jenazah, anda bisa klik tombol dibawah untuk info selengkapnya tentang Alat Kepengurusan Jenazah

Leave a Reply