Keunggulan Stainless Steel Pada Berbagai Produk Barang

Keunggulan Stainless Steel Pada Berbagai Produk Barang

Stainless steel merupakan logam yang saat ini sudahbanyak digunakan di berbagai belahan dunia. Dengan memiliki sifat yang tidak mudah berkarat yang merupakan keunggulan stainless steel, berbagai barang mulai menggunakan bahan ini. Dari peralatan memasak atau peralatan makan, berbagai perabotan bahkan sampai dengan keranda jenazah.

Banyaknya manfaat unik dari baja tahan karat ini menjadikan stainless steel sebagai pilihan utama dalam pemilihan bahan. Akan tetapi masih banyak pihak yang sering meremehkan atau mengabaikan keunggulan stainless steel karena beralasan bahwa biaya penggunaan baja tahan karat ini dianggap lebih tinggi.

Keunggulan Stainless Steel
Gelas stainless steel. Sumber Unsplash

Memang harga barang yang terbuat dari bahan ini cukup mahal di awal, namun dar segi kualitas dan usia pemakaian baeang dengan bahan stainless steel lebih baik. Seperti harga keranda mayat stainless steel yang tinggi tentu sebanding dengan keawetannya jika dibandingkan dengan keranda mayat dari kayu atau besi yang mudah korosi.

Apa itu Stainless Steel?

Stainless steel merupakan logam dengan karbon rendah yang mengandung kromium 10% atau lebih. Penambahan kromium inilah yang membuat logam tersebut menjadi memiliki sifat tahan karat atau korosi. Kandungan kromium baja memungkinkan pembentukan lapisan oksida kromium yang kuat, melekat, tidak terlihat, dan tahan korosi pada permukaan baja.

Bahkan jika lapisan tersebut rusak secara mekanis atau kimiawi, maka lapisan tipis ini akan kembali seperti semula ketika bereaksi dengan oksigen, bahkan dalam jumlah oksigen yang sangat kecil. Ketahanan korosi dan sifat lainnya bisa ditingkatkan dengan peningkatan kandungan kromium dan penambahan elemen lain seperti molibdenum, nikel dan nitrogen.

Jenis Kelas Stainless Steel

Karena adanya perbedaan takaran dalam campuran bahan lainnya, maka teradapat berbagai varian stainless steel yang bisa diciptakan. Sebenarnya ada lebih dari 60 varian logam stainless steel. Namun, seluruh kelompok dapat dibagi menjadi empat kelas.

  • 400 Series Martensitic – Kelas umum: 410 Kromium (12 – 18%); bersifat magnetis dan dapat dikeraskan dengan treatment panas. Penggunaan umum: poros pompa.
  • 400 Series Ferritic – Kelas umum: 430 Kromium (12-18%); karbon rendah, magnetis, tetapi tidak dapat diolah dengan panas. Penggunaan umum: Trim alat, peralatan masak.
  • 300 Series Austenitic – Kelas umum: 304 Kromium (17 – 25%), Nikel (8 – 25%); nonmagnetik, tidak dapat diolah dengan panas. Penambahan bahan molibdenum (hingga 7%) dapat meningkatkan ketahanan korosi. Penggunaan umum: Peralatan makanan, peralatan kimia, aplikasi arsitektur.
  • Presipitasi – Kelas umum: 17-4 Kromium (12 – 28%), Nikel (4 – 7%); martensitik atau austenitik. Penggunaan umum: katup, roda gigi, peralatan petrokimia.

Keunggulan Stainless Steel

Banyaknya keunggulan stainless steel menjadikan bahan ini dipakai untuk membuat beragam barang. Pembuatan barang dari stainless steel tersebut tentu dikarenakan untuk menjaga lualitas barang dan juga kualitas kinerjanya. Inilah beberapa keunggulan stainless steel dibandingkan dengan bahan logam lainnya.

1. Ketahanan Korosi  

Chromium adalah elemen paduan yang memberikan kualitas tahan korosi pada Stainless Steel. Nilai paduan yang lebih rendah mempu menahan korosi di lingkungan atmosfer dan air murni; sedangkan nilai paduan yang lebih tinggi dapat menahan korosi di sebagian besar asam, larutan alkali, dan lingkungan yang mengandung bahan kimia, karena itu bahan ini sering dipakai untuk dijadikan peralatan pabrik.

2. Tahan Api dan Panas

Varian stainless steel dengan kandungan kromium tinggi dan paduan nikel akan memberikan sifat pertahanan yang bagus pada suhu tinggi. Stainless Steel digunakan secara luas pada perangkat yang membutuhkan panas seperti boiler, pemanas air, katup, dan pada pesawat komersil dan ruang angkasa.

3. Mudah Dibersihkan

Kemampuan proses pembersihan yang mudah dari stainless menjadikannya pilihan pertama untuk peralatan dengan kondisi kebersihan yang ketat, seperti rumah sakit, dapur, dan pabrik pengolahan makanan. Anda akan menemukan berbagai peralatan di kamar jenazah berbahan stainless steel.

4. Penampilan Estetika

Permukaan stainless steel yang cerah dan mudah dirawat memberikan tampilan modern dan menarik. Karena itu berbagai barang yang membutuhkan tampilan yang bagus dan bersih menggunakan bahan stainless steel.

5. Kekuatan Dalam Bobot

Dengan menggunakan stainless steel memungkinkan untuk melakukan pengurangan ketebalan material atas suatu peralatan yang memerlukan kekuatan menahan bobot. Dengan demikian akan terjadi pengjematan dalam pembuatannya.

6. Kemudahan Fabrikasi

Teknik pembuatan baja modern seperti dengan proses las, ditekuk, dibentuk, dirakit dan dibuat dengan berbagai cara bisa dilakukan pada stainless steel. Itulah salah satu keunggulan stainless steel sehingga bisa digunakan untuk beragam bentuk barang.

7. Ketahanan Perubahan Suhu

Struktur mikro austenitik dari seri 300 varian stainless steel memberikan ketangguhan tinggi pada suhu tinggi sekaligus mampu bertahan dengan baik di bawah titik beku, membuat baja ini sangat sesuai untuk aplikasi kriogenik.

8. Nilai Jangka Panjang

Jika dibandingkan dengan daya tahan dan keawetan, stainless steel sebenarnya merupakan bahan yang paling murah. Berbagai barang yang berbahan stainless steel mempu bertahan dalam jangka waktu lama ketika barang sejenis dengan bahan selain stainless steel sudah tidak layak pakai.

9. Dapat Didaur Ulang

Keunggulan Stainless Steel
Karena mudah dibersihkan, berbagai alat kebersihan menggunakan bahan ini. Sumber Unsplash

Lebih dari 50% bahan stainless steel baru berasal dari potongan stainess steel lama yang dilebur ulang, sehingga menggunakan stainless steel merupakan pilihan tepat bahan daur ulang.

Itulah beberapa ulasan mengenai keunggulan stainless steel. Dengan melihat keunggulan stainless steel tentu tidak akan ada pertanyaan lagi, mengapoa keranda jenazah saat ini banyak yang menggunakanbahan stainless steel. Karena memang bahan yang cocok dijadikan keranda jenazah adalah stainless steel. Anda bisa mendapatkan produk keranda jenazah stainless steel dengan kualitas dan desain bagus hanya ada di perusahaan kami.

Leave a Reply