Amalan Sunnah Rasulullah (Bisa Diterapkan Sehari-hari)

Mengikuti amalan sunnah Rasulullah setiap harinya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri. Tidak ada salahnya untuk menjaga amalan sunnah ini setiap hari, apalagi nantinya pahala yang Anda dapatkan akan bertambah. Seharusnya semakin semangat dong untuk mengikuti amalan-amalan yang di ajarkan oleh rasulullah setiap harinya.

Anda bisa mengamalkan hal-hal yang sudah diajarkan oleh rasul setiap harinya. Di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghidupkan salah satu sunnahku yang telah dimatikan, sesudahku (sesudah aku meninggal dunia), maka bagi orang tersebut pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya , tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala mereka”. (HR at-Tirmidzi).

Siapa saja yang meninggalkan amalan sunnah, sebenarnya orang tersebut mengalami kerugian. Mengapa demikian? Karena sesungguhnya melakukan amalan sunnah Rasulullah ini mempunyai keistimewaan yang tiada tanding. Hal tersebut dikarenakan amalan sunnah dapat membantu menyempurnakan amalan-amalan wajib telah Anda lakukan.

Ilustrasi sholat tahajud, Sumber : kaba12.co.id
Ilustrasi sholat tahajud, Sumber : kaba12.co.id

Keutamaan Amalan Sunnah

Berikut di bawah ini merupakan beberapa keutaman dari amalan sunnah Rasulullah SAW.

Dapat Membantu Menyempurnakan Amalan Wajib

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa mengerjakan amalan sunnah dapat membantu menyempurnakan amalan wajib yang kurang. Hal ini telah disampaikan oleh Rasulullah SAW di dalam hadits Abu Hurairah, beliau bersabda:

“Sesungguhnya amalan yang seorang hamba pertama kali akan dihisab dengannya pada hari Kiamat adalah sholatnya, jika bagus, berarti ia beruntung dan selamat. Jika buruk (sholatnya), berarti ia rugi dan celaka. Jika terjadi kekurangan dalam amalan fardhunya, Rabb akan berfirman, “Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah? Dilengkapilah dengan amalan sunnah itu ibadah-ibadah fardhunya, begitu lah seterusnya amalan-amalannya.”

Baca juga : Memahami Musibah Kematian dengan Pemahaman dan Sikap yang Benar

Dapat Menjadi Wali Allah

Terdapat 2 jenis dari wali Allah yang perlu Anda ketahui macamnya, yakni As Saabiquun Al Muqorrobun (wali Allah terdepan) serta Al Abror Ash-habul yamin (wali Allah pertengahan). Kedua jenis wali ini merupakan wali Allah yang istimewa karena memenuhi syarat, yakni beriman dan bertakwa.

Kemudian yang dimaksud dengan As Saabiquun Al Muqorrobun adalah seorang hamba yang mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amalan sunnah yang ia lakukan. Selain itu ia melakukan amalan wajib serta menjauhi hal-hal yang telah diharamkan.

Sedangkan untuk Al Abror Ash-habul yamin adalah seorang hamba yang mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui melakukan amalan wajib serta menjauhi berbagai hal yang diharamkan oleh Allah. Namun ia tidak mengerjakan amalan-amalan sunnah.

Wali-wali Allah tersebut terdapat pada firman Allah di QS. Yunus: 62-63, yang artinya:

“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.”

Membaca Al-Qur'an, Sumber : jurnalmedan.pikiran-rakyat.com
Membaca Al-Qur’an, Sumber : jurnalmedan.pikiran-rakyat.com

Amalan Rasulullah Sehari-hari

Ada beberapa amalan sunnah Rasulullah yang bisa Anda ikuti setiap harinya. Dengan niat tulus yang ditujukan kepada Allah SWT, insya Allah akan mendapatkan banyak berkah dan manfaat. Berikut amalan-amalan sunnah yang bisa Anda kerjakan setiap harinya.

1. Melaksanakan Sholat Dhuha

Pernah dengar salah satu pintu rejeki datang dari sholat Dhuha? Yaps, memang benar adanya bahwa salah satu keutamaan dari menjalankan ibadah sholat Dhuha adalah dicukupkan rejekinya oleh Allah SWT. Hal ini juga tertuang pada sebuah hadits yakni:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

2. Melaksanakan Sholat Sunnah Rawatib

Sholat sunnah rawatib merupakan salah satu amalan sunnah Rasulullah yang bisa Anda terapkan setiap hari. Sholat sunnah rawatib dilaksanakan pada saat sebelum sholat subuh dua rakaat. Lalu sebelum sholat dhuhur empat rakaat, kemudian dua rakaat setelah sholat dhuhur. Selanjutnya dilakukan lagi pada setelah sholat Magrib sebanyak dua rakaat serta setelah sholat Isya sebanyak dua rakaat.

Baca juga : Tanda-Tanda Kematian Dalam Islam yang Bisa Anda Ketahui

3. Membicarakan Hal-hal yang Baik atau Diam

Rasulullah SAW mengajarkan dalam berkata-kata ucapkanlah hal-hal yang baik dan tidak menyinggung orang lain. Jika tidak bisa berucap yang baik maka lebih dianjurkan untuk diam, agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

Ilustrasi berkata baik atau diam, Sumber : mukjizat.co
Ilustrasi berkata baik atau diam, Sumber : mukjizat.co

4. Melaksanakan Sholat Tahajud

Sebagian kaum muslim masih belum bisa melaksanakan sholat tahajud ini secara rutin, namun jika dilakukan secara rutin dapat menghadirkan berbagai manfaat. Salah satunya dikabulkannya doa-doa, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir).

5. Posisi Tidur Menghadap Kanan

Hal-hal yang sederhana seperti posisi tidur juga merupakan amalan sunnah loh. Rasulullah SAW setiap kali pergi tidur akan memposisikan diri menghadap ke kanan. Anda bisa meniru kebiasaan baik dari Rasulullah ini. Mengenai posisi tidur telah dijelaskan dalam hadits yakni: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

6. Menggunakan Siwak saat Menggosok Gigi

Gosok gigi menggunakan siwak merupakan amalan sunnah Rasulullah yang bisa Anda terapkan. Rasulullah SAW selalu menggisik gigi menggunakan siwak pada saat berwudhu sebelum melakukan sholat. Anda juga bisa mengikuti amalan Rasulullah dengan menggosok gigi dengan siwak ini.

Gosok gigi dengan siwak, Sumber : dream.co.id
Gosok gigi dengan siwak, Sumber : dream.co.id

Demikian informasi yang telah kami sampaikan mengenai apa saja amalan sunnah Rasulullah yang bisa Anda lakukan setiap harinya, bahkan 7x 24 jam. Mengikuti amalan sehari-hari Rasulullah yang dilakukan dengan ikhlas akan menghadirkan keberkahan di dalam hidup Anda. Hal terpenting adalah melakukan amalan tersebut dengan niat yang tulus karena Allah SWT.

Bagi Anda yang mencari alat-alat kepengurusan jenazah, seperti keranda mayat stainless ada tambahan informasi untuk Anda. Alat kepengurusan jenazah tersebut bisa Anda dapatkan di Rajane Keranda. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemesanan ataupun daftar harga keranda mayat stainless bisa menghubungi kami ke kontak yang telah tersedia.

Kami ucapkan terima kasih untuk Anda yang telah berkenan menyimak informasi di atas. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di laman website Rajane Keranda yang insya Allah bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Leave a Reply