Amalan Di Bulan Ramadhan

Amalan Di Bulan Ramadhan

amalan di bulan ramadhan

Assalamualaikum Wr.Wb, Semoga anda selalu dalam keaadaan sehat dan selalu berada dibawah lindungan Allah SWT, Aamiin..

Pertama – tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT, Yang telah memberikan kita umur yang Panjang hingga tak terasa kita akan kembali berjumpa dengan bulan suci ramadhan

Ramadhan, Tak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang sangat kita tunggu tunggu ini, Jika bulan Ramadhan sudah dekat, berarti, kita harus lebih memperdalam apa apa saja yang dapat kita lakukan dibulan Ramadhan ini

Kali ini, Admin akan memberikan 7 Amalan di Bulan Ramadhan yang dapat kalian lakukan

hal yang membatakan puasa

1. Shalat Tarawih

Siapa yang tidak mengetahui Shalat Tarawih,? Shalat tarawih sudah menjadi cirikhas dari bulan Ramadhan bukan?,

Yap, Shalat tarawih merupakan salah satu amalan yang bisa dibilang istimewa, Mengapa?, Karna Shalat tarawih hanya dapat dilakukan ketika kita berada dibulan Ramadhan saja.

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya selama bulan Ramadhan.

Mengerjakan sholat tarawih bukan hanya sebagai cara meningkatkan amal ibadah. Tapi juga menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Umumnya orang mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah di musholah atau masjid.

Namun dengan keadaan pandemic seperti ini, admin menganjurkan kalian untuk Tarawih dirumah dengan keluarga

Karna, dengan cara ini, insyaallah kita semua selalu dilindungi oleh Allah SWT, dan kita dapat menjadi lebih dekat dengan keluarga

Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, bisa membaca niat sholat tarawih berikut ini:

” USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya: ” Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

Sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat. Yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya.

Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa. Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam.

Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

” USHALLII SUNNATAL WITRI TSALAASA ROKA’AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA’AN (MA’MUMAN/IMAMAN) LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya : ” Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma’muman/imaman) karena Allah Ta’alaa” .

2. Tadarus Al-Quran

Umat Islam dianjurkan benar-benar berinteraksi dengan Alquran untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Alquran.

Berinteraksi dalam arti hidup dalam naungan Alquran dengan cara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifdz (menghafalkan), tanfidz (mengamalkan), dan taklim (mengajarkan).

Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan di Ramadhan, membaca satu huruf dalam Alquran akan diberikan 10 kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

 

Selain itu, kekhususan Ramadan dibandingkan bulan lain adalah bulan ketika Alquran diturunkan, alhasil banyak keberkahan di dalam bulan tersebut yang bisa diraih.

3. Sedekah

Amalan di Bulan Ramadhan yang berikutnya adalah Sedekah,

Umat Islam dianjurkan untuk banyak bersedekah di bulan Ramadan dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Dan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan adalah memberikan iftar alias santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa.

4. Itikaf

I’tikaf sunnah dilakukan setiap waktu, tetapi yang paling utama (afdhal) jika dilakukan dalam bulan Ramadhan.

Arti dari i’tikaf ialah berhenti (diam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, semata-mata niat beribadah kepada Allah.

I’tikaf pada bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai ruang perawatan khusus untuk menghilangkan kanker dosa dari dalam hati.

I’tikaf merupakan lingkungan khusus yang jauh dari noda dan kotoran dunia.

Konon Rasulullah selalu melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Kemudian pada tahun di mana beliau meninggal dunia, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari.

Ketika beliau tidak bisa i’tikaf, beliau kemudian menggantinya dengan i’tikaf sepuluh hari pertama di bulan Syawal.

Tindakan Rasulullah itu merupakan bukti pentingnya ibadah i’tikaf.

Kesungguhan Rasulullah untuk mengerjakan ibadah yang satu ini juga bisa menjadi motivasi untukmu melakukan hal yang sama.

Itikaf dianjurkan dibiasakan setiap hari di Ramadhan, Tapi, diutamakan dikerjakan 10 hari terakhir Ramadan. Alasannya agar mendapati keagungan malam lailatul qadar.

5. Umrah

Keutamaan umrah di bulan Ramadan ini besar sekali. Rasulullah Saw pernah menganjurkan kepada seorang wanita Anshar (Ummu Sinan) yang tidak sempat berhaji bersama beliau.

Umrah termasuk dalam sunnah Nabi yang dianjurkan untuk dikerjakan saat Ramadan, bahkan pahalanya setara dengan ibadah haji.

Meski demikian, hal ini tidak menggugurkan kewajiban haji bagi yang mampu melakukannya.

6. Memburu Lailatul Qadar

Rasulullah SAW mencari Lailatul Qadar dan memerintahkan para sahabatnya tuk menantinya setiap Ramadan.

Bukan cuma itu, Nabi Muhammad SAW juga senantiasa membangunkan keluarganya pada malam 10 hari terakhir dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar berada di 10 hari terakhir Ramadan, tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Dan malam yang paling diharapkan adalah malam ke-27.

7. Memperbanyak zikir, doa dan istigfar

Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, istigfar dan meminta ampunan selama Ramadan terutama di waktu-waktu utama nan mulia, yakni malam dan siang hari.

Ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak; sepertiga malam terakhir saat Allah turun ke langit dunia; dan beristighfar di waktu sahur.

Demikianlah artikel yang admin buat kali ini, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, Semoga kita selalu dalam keadaan Sehat aamiin

kain-penutup-mayat-dengan-sablon-1

Hallo, admin sedikit sharing barang yang kita bikin nih hehe, Kita menjual Alat Kepengurusan Jenazah, Dengan Qualitas Insyaallah Nomer 1 di Indonesia, Yuk langsung klik tombol dibawah untuk melihat penjelasannya